Cara Mudah Menyiapkan Lingkungan Baris Perintah (CLI) di Windows

Beberapa kali (walau belum sering) saya ditanya oleh teman soal membuat Web. Saya jadi ingat sebuah nasehat soal jualan atau istilah kerennya entrepreneur, (istilah yg sulit ditulis apalagi dipraktekin) jadi katanya buat mencari ide bisnis atau usaha mulai dari “hal yang orang tanya ke kita”.

Terpikirlah buat bikin kelas kursus belajar web di grup WhatsApp. Lebih spesifik yaitu web statis menggunakan Hugo. Karena saya perhatikan yang bertanya ke saya adalah teman yang sudah mempunyai UKM atau Usaha Kecil dan Menengah. Sepertinya mereka ingin usaha mereka punya halaman web sendiri.

Website statis menggunakan SSG (Static Site Generator) memang solusi ideal buat UKM karena dapat menekan biaya pembuatan web. Seringnya kita cuma kena biaya sewa domain. Bayangkan Rp 100.000 udah bisa punya web super cepat!

Terdengar seperti kata-kata sales ya?

🤑

Sejumlah orang pun terbujuk buat gabung. Bukan karena kata-kata manis saya kayaknya. Tapi karena gratis.

Satu hambatan yang saya temui sewaktu menjalankan kelas ini yaitu kebanyakan peserta tidak terbiasa dengan command line interface (CLI) atau antarmuka baris perintah.

Kamu bisa baca artikel ini kalau mau belajar lebih banyak soal CLI.

Walau enggak kompleks pengembangan website menggunakan SSG memang mesti ketemu dengan CLI.

Satu lagi hambatan yaitu hampir semua adalah pengguna Microsoft Windows dari lahir.

Ya.. Hari gini siapa yang masih pakai Linux?

Solusi

Beruntung ada trik sederhana yang dapat membantu mengatasi hambatan-hambatan tadi sekali sapu. Yaitu git-scm. Dengan memasang git-scm, kita enggak cuma bisa menggunakan git di Windows tapi kita juga secara tidak langsung memiliki lingkungan ala-ala shell Linux di dalam Windows.

Memasang git-scm

Supaya enggak repot melakukan setup kita dapat menggunakan versi portable dari git-scm. Tinggal ekstrak, selesai. Kita langsung disuguhi dua lingkungan shell sekaligus. Windows via git-cmd.exe, dan lingkungan Linux di git-bash.exe. Tanpa perlu repot konfigurasi.

Saya emang guru yang baik.

😝

Memasang hugo

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, git-scm membuat sebuah lingkungan tiruan sistem Linux buat menjalankan git. Jadi ketika kita ingin memasang perangkat lunak lain, misalnya dalam kasus ini yaitu hugo. Kita bisa langsung salin berkas binari hugo ke folder [lokasi PortableGit]\usr\bin. Lagi-lagi dengan bonus kita enggak perlu repot seting path segala macam.

Assalamualaikum.

Referensi

https://t.me/halamanbelakang

comments powered by Disqus