Setup WiFi OpenWRT sebagai Repeater

Setelah menyerah dengan Xiaomi Extender Pro saya mencoba peruntungan dengan router lama saya yaitu GL-iNet seri 6461a yang ternyata sudah tidak mendapatkan dukungan ofisial alias discontinued.

Sedikit curhat, awalnya saya mengikuti petunjuk dari halaman web OpenWRT buat setup GL-iNet saya sebagai WiFi extender atau repeater. Yang sayangnya amat membingungkan. Panjang dan njlimet padahal ternyata cuma butuh beberapa langkah sederhana. Terimakasih pada tutorial youtube ini.

Langkah yang dibutuhkan cuma :

  1. Ganti Network perangkat yang mau dijadikan repeater ke alamat Network tang berbeda dengan Router utama atau jaringan WiFi induk agar tidak bentrok.

  2. Hubungkan perangkat repeater ke jaringan WiFi induk. “Network” - “Wifi” - “Scan” - “Join Network”. Tetapkan firewall-zone sebagai wan, default sih ini, kita hampir tidak melakukan perubahan apa-apa.

  3. Tambahkan interface baru. Masih di “Wireless Overview” klik tombol “Add” kemudian lakukan setingan nama SSID dan sekuriti sesuai keingingan. Poin utamanya hanya ada di konfigurasi Network, di sini cukup beri ceklis di bagian “lan” saja. “Save & Apply” selesai deh. Kalau masih kurang jelas kamu bisa lihat video berikut :

Assalamualaikum.

Referensi

https://www.youtube.com/watch?v=1vsPz_aLZeE

https://t.me/halamanbelakang

comments powered by Disqus