Konversi Gambar Papan Catur ke FEN

Rasanya saya belum pernah bahas catur ya di sini? Rasanya (lagi) kurang pas kalau blog berjudul “Catatan AhmadiHam.ID” enggak ada catatan mengenai catur sama sekali.
Yap! Saya suka catur. Walau catur merupakan salah satu olahraga paling aneh. Karena selain minim dari “raga yang berolah”, pun juga catur jarang sekali menyenangkan. Bandingkan dengan olahraga lain yang dipenuhi kedua aspek tadi.

Satu (dari banyak) yang paling tidak menyenangkan di dunia catur yaitu teka-teki atau puzzle-nya. Nah soal puzzle catur ini, beberapa hari yang lalu saya ketemu dengan aplikasi penyedia puzzle catur yang bagus sekaligus menyebalkan. Yaitu “Tactics Frenzy”. Aplikasi yang dikembangkan oleh timnya sang juara dunia Magnus Carlsen ini selain amat menyebalkan karena susah, juga menyebalkan karena tidak adanya fitur analisa. Jadi seringkali kita mentok kebingungan saat tidak menemukan solusi, pun juga saat menemukan solusi. Maksudnya sering saya kebingungan “kenapa saya salah” juga “kenapa saya benar” dalam menjawab teka-teki yang diberikan.

Iya kita bisa sih menggunakan aplikasi lain buat analisa. Kita hanya perlu memasukkan posisi teka-teki ke app lichess misalnya. Tapi sekali lagi amat menyebalkan, “Tactics Frenzy” bahkan enggak ngasih notasi.

Jadi kita harus menyusun papan analisa secara manual. Atau..

Kita dapat menggunakan bantuan aplikasi web ini buat mengkonversi screenshot papan catur ke FEN. Alhamdulillah.. Luar biasanya lagi kita langsung secara otomatis disuapi link papan analisa posisi yang berhasil diprediksi. Walau terkadang prediksi yang diberikan sedikit kurang akurat. Tapi ya kita tinggal menyuntingnya.

‏‏‎ ‎

Hmm.. Tapi kalau dipikir-pikir mungkin Magnus sengaja menjadi menyebalkan agar kita tidak ketergantungan dengan engine ya.. Ahh.. Sebel!

Assalamualaykum!

comments powered by Disqus