Impor Data Realtime di LibreOffice Calc

Gilak! Agustus lewat tanpa menulis. Setelah putus kuliah entah kenapa malah jadi banyak ide. Banyak area yang tadinya enggak keliatan karena sibuk dengan tugas perkuliahan menjadi tersibak lebar-lebar. Saya enggak bilang kuliah itu buruk atau sia-sia. Banyak orang yang bisa berkarya sembari mengejar strata. Sayangnya bukan saya orangnya.

Tentang area apa itu mungkin saya simpan dulu di daftar tunggu tulisan berikutnya. Sekarang tulisan sederhana aja dulu. Kali ini kita akan mengimpor data dari jaringan internet ke LibreOffice yang juga dapat di-update otomatis secara real-time.

Kamu mungkin berfikir, buat apa sih, soal ketik-ketik aja ribet amat kedengarannya.

Seperti curhatan saya sebelumnya, setelah lulus dari keberhutangan (alah dari tadi ribet dan rancu nih kata-kata yang saya gunakan), saya bingung, mau beli tanah buat proyek @halamanbelakang #2 modalnya kurang, mau bisnis gak punya tim, saya sendiri masih berstatus karyawan, istri pun sibuk luar biasa dengan HilMa yang lagi lincah-lincahnya.

Jadi saya terpaksa sedikit menyalahi (nah kan kata ribet lagi) tulisan saya sendiri dua bulan lalu yaitu merubah uang ilusi berupa kertas ke uang hampir nyata bernama Aurum. Sambil menunggu ketemu deal properti (tanah) yang cantik.

Yang jadi masalah harga emas ini fluktuatif banget. Harga jual dan beli selisih jauh pula. Pret lah. Idealnya memang dijadikan dinar kemudian disahkan jadi alat tukar sih. Kondisi sekarang malah jadi rumit. Ah.. Kita simpan juga lah bahasan ini.

Saya ulangi. Yang jadi masalah harga emas ini fluktuatif banget. Saya jadi bingung berapa sih besaran uang saya sekarang. Keribetan otak-atik kalkulator sambil liat harga aktual logam mulia di internet buat saya berfikir "bisa gak sih calc/excel ambil data dari internet?"

Yang ternyata jawabannya “bisa banget”.

Norak ya?

😅

Buat kamu yang juga norak seperti saya, silakan lanjut baca.

Caranya gampang kok cukup gunakan menu Sheet - Link to External Data

Keren yah? Tadinya saya mau nyoba bikin Web sendiri dengan fungsi begitu. Untung bawaan LibreOffice udah ada. 😜

“Celakalah bagi setiap pengumpat dan pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya,”

(QS. Al-Humazah 104: Ayat 1-2)

Assalamualaykum!

Referensi :

https://t.me/halamanbelakang