Berbagi Internet Gratis

Melanjutkan tulisan kemarin. Karena merasa paket internet saya sekarang terlalu mewah, saya terpikir buat membagi koneksi ke publik. Gratis. Jadi saya memasang satu Router lagi di luar rumah. Khusus buat siapa saja yang mau nebeng koneksi internet.

Setup Router Publik

Buat setup-nya hampir sama dengan pembahasan kita sebelumnya tentang menggunakan Router Openwrt sebagai Repeater.

Saya memberi SSID Router publik “AhmadiHam.ID (free)” dengan keamanan “Open” agar siapa saja bisa terhubung langsung.

Selanjutnya kita harus melakukan setup QoS (Quality of Service) agar jaringan publik tidak mengganggu jaringan utama. Untuk menambahkan fungsi ini di Router Openwrt, terlebih dahulu kita pasang paket perangkat lunak luci-app-sqm.


‎ Selesai. Masih banyak sih fungsi atau fitur yang bisa (dan harus) kita tambahkan. Saya terpikir buat menambah "adblock" dan "parental control" atau semacamnya. Tapi sementara yang penting konek dulu. Kita tes yuk jaringan gratis baru kita.

Pengujian

Berikut adalah hasil speedtest plus coba nonton di YouTube :


‎ Ternyata dengan setingan QoS 5 Mbps untuk trafik download dan upload sudah cukup buat nonton YouTube dengan resolusi HD. Ya kan? Paket 20 Mbps itu mewah! Dan yang terpenting masih bisa dibagi. Coba bayangkan kalau banyak yang melakukan hal serupa. Apalagi kompak, seragam menggunakan SSID yang sama. Bisa jadi koneksi internet bukan lagi barang mewah nan mahal seperti sekarang. Setidaknya buat saya. Dan enggak ada lagi orang yang mencari atau membuat “tips ‘n trick” internet gratis aneh-aneh. Gambar sampul di atas misalnya.

Assalamualaykum!

Makasih buat bang Adam yang bantu setup!!

comments powered by Disqus