Apa sih Proyek Treble?

2019.03.28 00:00

Blog

Treble

Saya udah gak inget kapan terakhir kali ngoprek ponsel Android. Rasanya pas Nougat rilis. Sebelumnya, pernah hampir tiap hari ganti rom atau sistem operasi di hp. Yang akhirnya bosan juga karena pada dasarnya semua rom ya sama aja. Tapi selain itu juga karena udah nyaman di Lineageos. Jadi ketika Oreo dan Pie rilis saya cuek aja. Sampai kemarin. Ketika saya menemukan artikel menarik mengenai Proyek Treble.

Proyek Treble adalah.. Hmm.. Saya kurang paham juga sih teknis dari Treble ini. Yang saya tangkap Treble memungkinkan vendor melakukan update lebih cepat ketika Google merilis Android versi baru. Bersamaan dengan rilis Oreo terjadi perubahan besar pada struktur sistem operasi Android di mana framework Android dengan kode perangkat lunak dan perangkat keras dari vendor menjadi terpisah. Jadi vendor enggak perlu repot mengembangkan rom masing-masing ketika ada rilis dari Google.

Nah dengan adanya Treble harusnya vendor enggak punya alasan lagi buat menghentikan dukungan buat perangkat tua.

Xiaomi Redmi 3 milik saya misalnya. Perangkat kacangan (2GB RAM, 16GB ROM) keluaran awal tahun 2016 ini masih bisa menikmati Android teranyar saat ini, yaitu versi 9 atau Pie. Bukan karena ada komunitas atau pengembang yang masih membuat rom baru buat perangkat ini. Tapi karena dapat menggunakan GSI atau Generic System Image. Di sinilah “sihir” Treble bekerja.

Install Generic System Image (GSI)

Persyaratan :

  • Bootloader tak terkunci atau unlocked.
  • Ponsel kompatibel dengan proyek Treble.
    Prangkat dengan OS bawaan Oreo ke atas kemungkinan besar kompatibel dengan Treble. Buat perangkat yang lebih tua cek daftar ini.
  • Hapus semua modifikasi atau factory reset. Jangan lupa backup!

Daftar Android Generic System Image

Berikut adalah beberapa GSI yang bisa kita pilih :

Official Android 9 Pie :

ROM Maintainer Thread/Download
AOSiP Akhil Narang Download
AOSP 9.0 phhusson XDA / Download
AOSP Extended EnesSastim Download
ArrowOS ganesh varma XDA / Download
HavocOS mountaser halak XDA
OctopusOS Deepflex XDA
Pixel Dust amarbajpai XDA / Download
Resurrection Remix mracar XDA / Telegram / Download
ViperOS peaktogoo XDA / Download

Daftar lengkapnya bisa kamu lihat di tautan ini.

Setelah mengunduh GSI, kita bisa melakukan flashing lewat fastboot atau recovery. Yang paling nyaman tentunya melalui recovery karena enggak perlu repot menggunakan komputer, dengan syarat recovery yang digunakan mendukung Trable. Saya sendiri menggunakan TWRP modifikasi anak negeri yaitu Batik recovery.

Menambahkan Dukungan Treble

Karena ponsel saya aslinya tidak mendukung GSI, saya terlebih dahulu harus melakukan flash vendor dan boot dari rom Treble. Saya memilih base Lineageos.

Cara Flash GSI

Ekstrak file image yang kamu unduh kemudian flash image lewat TWRP.

Sukses flashing, reboot system, selesaikan setup Android. Baru kamu bisa lakukan modifikasi lain pasang magisk dan modulnya misalnya.

👍

Selesai deh. Hape kita pun bisa bertahan sedikit lebih lama dari gerusan zaman.

Keren kan hape saya?

🙈

Assalamualaikum.

Referensi

https://t.me/halamanbelakang

https://www.xda-developers.com/flash-generic-system-image-project-treble-device/

https://www.androidauthority.com/project-treble-818225/